Laman

Sabtu, 18 April 2009

Bila Ada 3 atau 6 Capres, SBY Menang Pilpres Satu Putaran


Jakarta - Otak-atik siapa tokoh calon presiden yang paling kuat terpilih semakin menarik. Lembaga Survei Indonesia (LSI) dalam penelitiannya masih menempatkan SBY terkuat, itu pun bila dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 nanti ada enam calon presiden.

"Pada hari pemilihan anggota DPR 9 April. SBY masih punya peluang sangat besar untuk kembali terpilih, jauh di atas lawan-lawannya," kata Direktur Riset LSI Kuskrido Ambardi dalam jumpa pers hasil split voting dalam Pilpres 2009 melalui metode exit poll Pemilu 2009 di kantornya, Jl Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/4/2009).

Kuskrido menerangkan, bila dalam pemilihan presiden nanti ada enam calon, maka saat itu SBY akan dipilih melalui dukungan sekitar 53 persen dan pemilihan akan berjalan satu putaran. Bila calonnya ada tiga capres, maka SBY akan semakin kuat posisinya dan dipilih oleh 60 persen pemilih.

Sementara capres lainnya, seperti Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Jusuf Kalla, Wiranto dan Sri Sultan Hamengku Buwono X belum menunjukan tanda-tanda kemajuan.

"Dukungan terhadap SBY sangat solid dari partainya, Mega dan Prabowo juga cukup solid, tapi tidak sekuat Demokrat pada SBY," ungkapnya.

Mega dan Prabowo belum menunjukkan kemajuan karena belum mampu menarik pemilih dari luar massa pemilih partainya sendiri. Sebaliknya, massa parpol lainnya termasuk Golkar, PPP dan PAN banyak yang mendukung SBY.

"Langkah-langkah elit Golkar untuk mencalonkan JK atau calon lainnya kurang punya basis legitimasi dari pemilih, begitu juga PPP, PAN dan partai lainnya," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
 
Copyright © punakawan network
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com