Laman

Minggu, 03 Mei 2009

Survei LP3ES: Warga NU dan Muhammadiyah Dukung PD

Jakarta - Hasil Survei LP3ES menunjukkan warga NU yang memilih Partai Demokrat sebanyak 15 persen. Sedangkan warga Muhammadiyah yang memilih PD sebanyak 16,6 persen.

"Tidak ada korelasi yang kuat antara organisasi massa NU maupun Muhammadiyah terhadap orientasi partai politik yang bersimbolkan kedua ormas tersebut," kata Kepala Divisi Penelitian LP3ES Fajar Nursahid di kantornya, Jl S.Parman, Jakarta, Senin (13/4/2009).

Dikatakan dia, 15 persen warga NU memilih Demokrat. Hanya 9,1 persen yang mencontreng PKB. Sementara, 16,6 persen warga Muhammadiyah memilih PD. Selisih sedikit dengan yang mencontreng PAN yakni 16 persen.

Data tersebut merupakan hasil exit poll LP3ES di 1.920 TPS di seluruh Indonesia. Tiap TPS dipilih 4 responden secara acak . Survei dilakukan saat pencontrengan 9 April 2009dengan wawancara terbuka dan tingkat kesalahan 1,2 persen.

"Suara NU banyak juga yang mengalir ke PPP. Separuh pemilih PPP mengaku dari NU," tegas Fajar.

Terkait dengan exit poll tersebut LP3ES mencatat jumlah angka golput
meningkat dari 2004. Peningkatan tersebut dari 13 persen menjadi 28 persen.

Sementara surat suara rusak juga meningkat dari 7 persen menjadi 16,6 persen. "Tetapi secara umum, proses pencontrengan berjalan jujur dan adil," ujar Fajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
 
Copyright © punakawan network
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com